Niat Shalat Fardhu dan Sunnah


Niat Shalat Fardhu

Shalat Isya
اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL 'ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Shalat Subuh
اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya :
Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Shalat Zhuhur
اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya :
Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Shalat Ashar
 فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى اُصَلّى

USHOLLII FARDHOL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Shalat Magrib
اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Niat Shalat Sunah

Shalat Wudhu

Ushalli sunnatal wudlu-i rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ 
artinya : aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala


Shalat Tahiyatul Masjid

Ushalli sunnatal Tahiyatul Masjidi  rak’ataini lillahi Ta’aalaa 
Artinya : aku niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala


Shalat Dhuha

Ushalli sunnatal Dhuha rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala


Shalat Rawatib

a.       Qabliyah
Waktunya : 2 rakaat sebelum shalat subuh, 2 rakaat sebelum shalat Dzuhur, 2 atau 4 rakaat sebelum shalat Ashar, dan 2 rakaat sebelum shalat Isya’. Niatnya:
‘Ushalli sunnatadh (sesuai shalat)  rak’ataini Qibliyyatan lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya: ‘aku niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakaat karena Allah ta’ala
       
b.       Ba’diyyah
Waktunya : 2 atau 4 rakaat sesudah shalat Dzuhur, 2 rakaat sesudah shalat Magrib dan 2 rakaat sesudah shalat Isya.
Niatnya :
Ushalli sunnatadh (sesuai shalat) rak’ataini Ba’diyyatan lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah sesudah  dzuhur dua rakaat karena Allah ta’ala

  
Shalat Tahajud

Minimal 2 rakaat maksimal sebatas kemampuan kita.
Niatnya :
Ushalli sunnatal tahajjudi  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah ta’ala


Shalat Istikharah

adalah shalat sunnah dua rakaat untuk meminta petunjuk yang baik, apabila kita menghadapi dua pilihan, atau ragu dalam mengambil keputusan. Sebaiknya dikerjakan pada 01.00 sampai menjelang subuh
Niatnya :
Ushalli sunnatal Istikharah  rak’ataini lillahi Ta’aalaa
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Hajat

adalah shalat sunnah dua rakaat untuk memohon agar hajat kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah SWT. Minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat.
Niatnya :
Ushalli sunnatal Haajati  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Mutlaq

Niatnya :
Ushalli sunnatal rak’ataini lillahi Ta’aalaa
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Taubat

Niatnya:
Ushalli sunnatal Taubati  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ 
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah taubat  dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Tasbih

Jika dikerjakan pada siang hari cukup dengan satu salam, Jika dikerjakan pada malam hari dengan dua salam.
      Niat :
Ushalli sunnatan tasbihi raka’ataini lilllahi ta’aalaa’ 
artinya ‘aku niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Tarawih

Niat :
Ushalli sunnatan Taraawiihi rak’ataini (Imamam/makmuman) lillahi ta’aallaa’ 
Artinya : ‘Aku niat shalat sunat tarawih dua rakaat (imamam/makmum) karena Allah ta'ala

Shalat Witir

Niat :
Ushalli sunnatal witri rak’atan lillahi ta’aalaa
artinya : ‘Aku niat shalat sunnat witir dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat Hari Raya

Niat Shalat Idul Fitri :
Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa
artinya : ‘Aku niat shalat idul fitri dua rakaat (imam/makmum) karena Allah ta’ala

Niat Shalat Idul Adha :
Ushalli sunnatal li’iidil Adha rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa
artinya : ‘Aku niat shalat idul adha dua rakaat (imam/makmum) karena Allah ta’ala

Shalat Khusuf

adalah shalat sunat sewaktu terjadi gerhana bulan atau matahari. Minimal dua rakaat.
Niat shalat gerhana :
Ushalli sunnatal khusuufi rak’ataini  lillahita’aalaa
artinya : ‘Aku niat shalat gerhana dua rakaat  karena Allah ta’ala

Shalat Istiqa’

adalah shalat sunat yang dikerjakan untuk memohon hujan kepada Allah SWT.
Niat :
Ushalli sunnatal Istisqaa-I  rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa
artinya : ‘Aku niat shalat istisqaa dua rakaat (imam/makmum) karena Allah ta’ala

Comments

Popular posts from this blog

Twibbon 17 Agustus 2019 SMAN 15

Contest Foto